Selasa, 11 Mei 2010

PERALATAN INPUT KOMPUTER

PERALATAN INPUT KOMPUTER

Peralatan Input adalah Perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.
Keyboard.
Merupakan papan yang terdiri dari tombol huruf, angka, dan simbol.Fungsinya untuk memasukkan data dengan mengetik huruf dan simbol lainnya pada komputer.
Susunan tombol huruf keyboard ada dua macam:
1. QWERTY.
Adalah susunan tombol huruf keyboard yang paling banyak digunakan pada keyboard terkini. Awalnya, susunan huruf ini digunakan pada mesin ketik mekanis. Tujuan utamanya untuk meminimalkan kemacetan mekanis akibat kecepatan mengetik. Nama QWERTY diambil dari susunan 6 huruf yang terletak di bagian kiri atas keyboard. Susunan keyboard ini dipatenkan oleh Christopher Sholes sejak tahun 1874, kemudian dijual ke Remington, produsen mesin ketik pada masa itu.
2. Dvorak
Adalah susunan tombol huruf pada keyboard yang dipatenkan pada tahun 1936 oleh August Dvorak, seorang pengajar psikologi dan profesor untuk bidang pendidikan, pada University of Washington di Seattle. Nama lain susunan keyboard ini adalah Simplified Keyboard. Susunannya berdasarkan penggunaan huruf yang paling sering digunakan akan diakses oleh jari terkuat. Lebih ergonomis daripada keyboard QWERTY,sayangnya kurang populer sehingga tidak banyak pengguna yang familiar menggunakan susunan keyboard ini. Namun kebanyakan OS terkini sudah memungkinkan penggunaan keyboard Dvorak, baik dengan menggunakan keyboard Dvorak secara fisik, ataupun emulasi pada sebuah keyboard QWERTY biasa.

Perkembangan keyboard
Dengan kepopuleran telepon seluler dan penggunaan pesan singkat ataupun chatting dengan ponsel, membuat susunan tombol baru alfabetikal ABCDE mungkin akan semakin mudah digunakan pengguna dimasa mendatang.

Sudah dikembangkan keyboard terkini yang memiliki dua pilihan operasional. Tinggal memindahkan switch, dan dapat dioperasikan baik dengan susunan huruf ABCD ataupun QWERTY.
Pointing Device
Merupakan penunjuk (Pointer) yang dikenal dengan sebutan mouse.
Fungsinya untuk:
Penunjuk dalam memilih program/file dan perintah yang diperlukan.
Alat bantu dalam meletakkan gambar.
Alat bantu yang tidak dapat dilakukan oleh keyboard.

Istilah pada Mouse:
Pointer
Sebuah anak panah yang terlihat dilayar yang dapat bergerak bebas.
Pointing
Gerakan mouse untuk menggerakkan pointer pada layar
Klik
Menekan tombol bagian kiri dari mouse satu kali
Double klik
Menekan tombol mouse bagian kiri dua kali secara cepat.
Klik Kanan
Menekan tombol bagian kanan dari mouse satu kali
Drag (geser)
Menekan tombol sebelah kiri mouse dan ditahan sambil pointing.
Select (pilih)
Meletakkan pointer pada suatu objek.
Mouseball
Mouse yang menggunakan bola di bawahnya untuk menggerakkan pointer

Mousepad
Alas untuk mouse
Mouse optik
Mouse yang menggunakan sensor optik untuk menggerakkan ponternya.
Tracball
Mouse bola yang bolanya terdapat di bagian atas.
Trackpad
Bantalan yang sensitif terhadap sentuhan. Biasanya digunakan untuk laptop.
Integrated pointed device
Berupa joystick kecil yang terdapat pada sela-sela tombol keyboard. Untuk menggerakkanya, kita menggerakkan joystick tersebut.
Touch sreen
Sistim ini menerima input langsung dari layar dengan menggunakan sentuhan jari tangan.
Mouse pen
Sekilas bentuknya seperti pena yang tersambung ke CPU dan dijalankan di atas mousepad khusus. Mouse ini sering untuk menggambar grafis.

Floppy disk (FDD)
Merupakan peraltan input perantara media penyimpanan data berupa disket. Floppy disk yang lebih dikenal dengan disk drive ini berbentuk kecil, sederhana, dan mudah dibawa kemana-mana.
Fungsinya untuk menghubungkan media penyimpanan berupa disket ke CPU yang diproses sebagai data input atau media penyimpanan data hasil pemrosesan.





Optik disk drive
CD-Rom (Compact disk read only memory)
Merupakan alat perantara untuk input data melalui media penyimpanan berbentuk CD atau compact disk (berupa lempengan yang terbuat dari bahan fiber) ke CPU untuk diproses untuk menjadi informasi yang diinginkan.

DVD-Rom (Digital Video Display Read Only Memory)
Alat perantara input data melalui media penyimpanan berbentuk DVD (berupa lempengan yang terbuat dari bahan fiber) ke CPU.

DVD-Rom menggunakan disk yang berbentuk sama dengan CD, tetapi memiliki kapasitas 4x dari sebuah CD.

Fungsi CD-Rom dan DVD-Rom adalah sama. Perbedaannya adalah bahwa CD-Rom hanya bisa membaca CD dengan kecepatan mencapai 60x dan kapasitas 700 Mb. Sedangkan DVD-Rom dapat membaca CD dan DVD dengan kecepatan yang baru mencapai 24x dan mempunyai kapasitas 4700 Mb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar